Thursday, August 13, 2015

Edisi Ngoceh - Merawat jeans kesayangan


Sebagai emak emak rempong yang kerjaannya kelayapan kesana kesini, masuk mall, masuk pasar inpres, kumpul dengan komunitas kereta atau bahkan dinas dari gudang ke gudang diluar Jakarta, kadang membutuhkan baju yang enak banget dipakai dan awet pastinya. Satu satunya pilihan yang paling enak adalah kaos yang bahannya adem, hijab yang ga ribet, celana jeans dan sepatu yang bisa dipakai lari-larian. Bicara soal celana jeans, pasti semua orang pernah merasakan bahagianya pakai celana berbahan denim ini. Selain nyaman, simple, santai dan bahannya kuat banget buat dipake kelayapan, celana ini juga gabakalan ketinggalan jaman.





Abaikan halaman rumah tetangga yang berantakan, aku mah gitu orangnya suka ngambil view rumah orang



Berikut ini tips untuk merawat baju atau celana berbahan denim alias jeans kesayanganmu
  1. Pilih detergen yang sesuai -Biasanya sabun detergen ada yang kandungannya pemutih, hati-hati ya sebelum mencuci sebaiknya diperiksa lagi, jangan sampai celana jeans warna hitam kita jadi belang-belang meski katanya yang belang itu enak. (menurut iklan begitu, kalo aku sih yess aja)  
  2. Hindari mesin pengering - Untuk mengeringkan jeans, hindari penggunaan mesin pengering. Menggunakan mesin pengering bikin jeans jadi berubah bentuk dan mengalami penyusutan (kehfine, sekarang aku tau.. ternyata badan aku ga gemuk tapi celananya yang menyusut hahahaahah...). Hindari pula mengeringkan di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak warna jeans. Sebaiknya peras jeans dengan tangan saja kemudian jemur dengan matahari tidak langsung. 
  3. Tak perlu disetrika - Setelah jeans kering, kita bisa langsung melipatnya. Atau, jika merasa jeans memang butuh untuk disetrika, lakukan dengan bahan yang dibalik sehingga panas dari setrika ga terlalu tinggi dan ga berdampak buruk pada warna jeans.  
  4. Hindari proses dry clean Jangan menggunakan proses dry clean. Proses ini justru lebih keras dari penggunaan detergen. Proses dry clean akan membuat bahan ini cepat rusak baik pada warna jeans maupun serat jeans nya.  
  5. Jangan terlalu sering dicuci - Jeans itu ga perlu sering dicuci karena jeans sebenarnya dapat dipakai terus menerus sampai lecek dan bau (eh itu mah aku banget... hehehe..). Karena bahannya yang tebal, kita bisa menggunakan jeans lebih lama. Jika kita sering kali mencuci jeans, maka warna dan bentuknya akan berubah dengan cepat. Keawetan kain jeans pun akan cepat rusak.  
  6. Hindari pemakaian air panas - Ini yang ga boleh banget!! Jangan gunakan air panas untuk mencuci jeans. Banyak orang mungkin berpikir bahwa mencuci dengan air panas akan bisa menghilangkan kotoran yang melekat pada jeans tebal. Namun ini justru akan membuat serat kain rusak. Sebaiknya gunakan air biasa saja untuk mencuci jeans.  
 
udah mirip girlband korea blom??

Tips hemat ala Emak Rempong
  1. Beli celana jeans yang modelnya klasik, yang sekiranya ga bakalan ketinggalan mode sampai kakek nenek.  
  2. Pilih celana jeans yang kualitasnya bagus, meski mahal dikit tapi bisa bertahan sampai bertahun-tahun. 
  3. Kalau mau pakai jaket berbahan jeans, pastikan pakai kaos dalam yang menyerap keringat. Terlebih hidup dikota Jakarta yang panasnya minta ampun, jangan sampai jadi ga nyaman pakainya. 
  4. Selalu rajin-rajin lihat majalah fashion atau buka instagram, website dan blog yang membahas soal si denim ini supaya gaya kita ga jadul jadul amat jadi setiap hari ada inspirasi keren sebelum keluar rumah
Berhubung, celana jeans dirumah sudah mulai mengecil (ingat, bukan badan aku yang membesar tapi celananya yang mengecil) jadi rencananya sih mau nambah-nambah koleksi buat hang out pas tujuh belasan di kelurahan. Eeeaaaaa....!!! Belanja dimana ya? sibuk cuy... sedih deh ga bisa jalan-jalan ke mall lagi sejak deadline kerjaan yang segunung.

Ahahahaha... norak ih, galau sendirian!! Hari gini masih galau belanja, kan jaman udah serba online. Sipp!! Ide bagus, mari kita belanja dengan mudah... klik DISINI urusan galau pasti selesai. 


Serius deh, why? Karena Zalora adalah salah satu Online Shop terpercaya dengan brand asli bukan KW apalagi palsu kayak abang-abang mangkal dipinggir jalan. Aku dah belanja beberapa kali disana dan berakhir dengan bahagia. Cara belanjanya juga gampang banget kok, buka www.zalora.co.id pilih gambar, bisa COD pula (pengirimannya juga cepat kok).

Waaahhh seneng banget akhirnya koleksi jeans aku bisa nambah banyak. Ada sepatu, jaket, celana dan tas (waaaaa... kaalaaaappp!!!). pengen belanja semua...
Ada yang mau nambahin keleksi jeans aku?