Friday, July 22, 2016

Makeup - Tips bergaya ala ala "Ulzzang Makeup"

Ulzzang atau eoljjang merupakan istilah "slank" dari Bahasa Korea yang digunakan untuk melabelkan seseorang yang memiliki wajah yang sangat menarik. Ulzzang berasal dari dua kata; 얼굴 (baca: eolgul) yaitu "wajah", dan 짱 (baca: jjang) yang berarti "terbaik". (Wikipedia)

http://www.postpickle.com/fashion/now-trending-korean-makeup-look-for-monsoons
Ulzzang makeup sendiri akhirnya menjadi "trend" di kalangan pecinta negeri gingseng itu, aku kadang-kadang iseng makeup pakai tema kayak begitu. lupa kadang kalau umur udah 33 tahun begini whuahahahaha... masih pengen dianggap imut.

Apa aja sih yang dibutuhkan untuk mendapatkan tampilan yang sempurna cetar badai kayak cewek-cewek Korea sana? Ini adalah beberapa tips "ala fidel" jadi kalau sekiranya salah-salah atau agak melenceng maafin ya kakaak...

1. Circle Lens
Yupz, siapapun pasti setuju bahwa kekuatan makeup Ulzzang ini ada di daerah mata, makanya circle lens ini happening banget di kalangan para pecinta Ulzzang makeup. Apa sih Circle Lens? Circle lens adalah softlens dengan ukuran besar , ada yang sampai ukuran 18-22mm (Ya ampuun ga perih apa yaakk gede begitu?).Fungsi circle lens ini dapat membuat mata kita "dolly look" yaitu efek-efek imut dan polos kayak bayi bayi dari surga. #apasih

Aku pribadi sih nyaman di ukuran normal aja 14,2mm, karena sekalian buat mata minus jadi wajib banget cari yang senyaman mungkin. Bisa juga karena aku ga betah kalau pakai lingkaran yang lebih besar ukurannya (Meski akhirnya ga bikin efek dolly look).

Softlens: new look Wonder (brown)
2. Eyeliner
Kalau biasanya gaya gaya western bikin eyeliner dengan efek wings atau cat eyes, beda lagi sama makeup ala ala Ulzzang garis yang ditarik itu kearah bawah menyerupai kacang almond.

Eyeliner berbentuk setengah lingkaran kacang almond
Selain berbentuk setengah lingkaran almond, bisa juga hampir menyerupai almond banget atau yang lebih heavy bisa di bikin smokey eyes yang tidak mencuat keatas tetapi kesamping.

bentuk setengah lingkaran almond atau full - http://weheartit.com/entry/group/37703647

eyeliner tampilan agak "heavy" - https://www.tumblr.com/search/ulzzang%20eyeliner
Beda banget kan ya sama tampilan Gyaru-nya jepang. Eh, apaan lagi tuh? ahahaha next aku bahas ya.. sekarang mari fokus ke ulzzang aja.

3. Alis
Alis ala-ala Korea emang lagi hist akhir-akhir ini, biasanya tampilannya ga punya lengkungan yang kayak artis-artis hollywood. Mereka lebih lurus dan membentuk kotak, aku sendiri ga bisa begitu.. karena biar bagaimanapun juga harus di sesuaikan sama bentuk wajah dan kondisi umur eike yang udah masuk ke kategori "emak-emak" whuakakakakak..

https://uk.pinterest.com/explore/korean-eyebrows/
bisa di lihat kan ya bedanya - sumber Youtube
Kalau Ulzzang makeup, biasanya warna alis ga terlalu pekat. Makanya kalau aku lagi dandanin orang dengan alis yang hitam banget, aku kasih eyebrow maskara yang warnanya cokelat terang atau blonde.

4. Eyeshadow
Kebanyakan dari mereka memang ga terlalu heboh pakai warna eyeshadow, bahkan bisa di bilang beberapa makeup artist, blogger dan vlogger merekomendasikan warna-warna yang ada shimmernya. satu hal lagi jangan lupa, ciptakan efek puffy eyes. Yaitu efek mata berkantung, hmm.. bukan berkantung kayak abis bergadang dan stress gitu loh yaa.. tapi lebih mirip bengkak abis nangis 2 jam ahahahaah... *just kidding Tapi di Korea sana, para anak cewek niat banget loh operasi mata demi puffy eyes ini, maka beruntunglah orang-orang kayak kita yang dia anugerahi puffy eyes dari sananya.

meskipun smokey eyes, tetap shimmer - https://id.pinterest.com/eyecandylens/jealousness-makeup/

https://ulzzmaniapt.wordpress.com/2013/06/
Untuk membuat efek puffy eyes, kita bisa aplikasikan eyeshadow warna putih atau nude pas di bagian bawah mata untuk memberi kesan besar dan terbuka.
Puffy Eyes versi aku 1

Puffy eyes versi 2

Contoh pada versi 1 aku pakai eyeliner warna putih dan eyeshadow shimmer warna putih juga. kalau di foto keliatan too much sih, tapi aslinya masih natural kok. Sementara di versi 2, aku pakai warna nude dan dikasih gradasi cokelat muda.

5. Bulu Mata palsu
Ulzzang makeup emang kuat banget di mata ya, makanya pembahasan masih di sekitaran mata. Yang terakhir dan ga kalah cetar adalah bulu mata palsu. No, bukan sebadai Kakak Syahrini loh yaaa.. tapi bulu mata yang unik banget bentuknya.

referensi bulu mata Ulzzang style - http://shopforcheapo.blogspot.co.id/2014_05_01_archive.html

http://bulumatapalsu.org/
Bulu mata palsu yang tepat akan membuat riasan mata kita jadi sempurna, jangan asal beli bulu mata palsu ya karena kalau bahannya kaku bisa nusuk-nusuk kelopak mata dan rasanya ga enak banget. Aku selama ini sih beli bulu mata palsu buat dandanin orang dari instagram @ratubulumata. Bahannya bagus, bisa di pakai berkali-kali dan hasilnya emang sesuai sama yang kita mau. Yang paling penting muraaaaahhh dan jauh lebih bagus ketimbang harus beli di pasar baru dengan harga yang sama.

6. Makeup Wajah
Semuanya serba minimalis dan dewy. Dewy look adalah tampilan makeup natural yang memberikan efek basah, lembab dan berkilau. Makanya kebanyakan dari artis artis Korea jarang banget kelihatan yang pakai Matte makeup. Aku sendiri jarang pakai tampilan Dewy begitu, secara di Jakarta matahari terik banget cyiiinn, udah dewy dari sananya. Ahahahaha... tapi kadang-kadang kalau iseng aku pakai Precious Mineral Any Cushion dari Etude untuk dinner sama abi atau sekedar hang out di mall yang rada adem. heheheh..

Pakai bb cushion tanpa bedak
Selain tampilan yang Dewy banget gitu, blush on Ulzzang style itu ga cetar cetar amat kok. Mirip perempuan yang lagi malu-malu gitu, cukup dengan semburat warna pink aja. Ga perlu Contouring yang terlalu serius, palingan Cukup bronzer dan eyeshadow warna cokelat untuk bikin shading hidung mancung dan dagu lancip. Yang ga kalah penting itu Highlight yang Shimmer di tulang pipi, ujung hidung dan atas bibir biar bersinar-sinar kalau di foto.

7. Bibir
Aku jarang banget sih lihat para artis sana pakai lipstik warna gonjreng full bibir, kecuali mungkin untuk acara tertentu aja. Banyak yang pakai lip tint di tengah saja atau warna bibir. Intinya kalau mau ala ala Ulzzang style ga usah terlalu heboh di bibir.

Style 1 pakai lipstik biasa
Style 1: Pakai lipstik warna pink pucat atau nude yang sesuai sama warna bibir, lalu aplikasikan lipstik warna pink yang matte di tengah  bagian dalam bibir bawah dan atas. Lalu baurkan dengan jari, tapi jangan merusak bagian pinggirnya.

style 2 Liptint
Style 2: Aplikasikan Liptint warna merah atau pink menyala hanya di bagian tengan bibir saja, lalu di baurkan pakai jari ke pinggir bibir. sehingga membentuk gradasi. (Abaikan kondisi berantakan kosan aku.. ahahahah)

Style 3 campuran lipstik dan liptint
Style 3: Pakai lipstik nude di seluruh bibir dan pakai jari aplikasikan liptint di tengah bibir bawah saja. lalu bibir di rapatkan agar liptint menempel ke bagian atas.

Tampilan dengan lipstik gradasi warna gitu ga setiap hari aku pakai, secara aku senang banget pakai lipstik yang full dan menonjolkan kemanyunan alami aku. Manyun itu sexy, Catat!!




Sekian dan terima kasih, kalau ada yang mau nambahin tipsnya boleh kok dengan senang hati. Yess kelar ngetiknya.. hehehe... sekian ya tips ala Fidel untuk dapat tampilan yang agak-agak imut ga sesuai sama umur yang udah emak-emak. wakakakaakak...

* Catatan: Jangan lupa, kalau udah total pakai makeup Ulzzang begini harus pose seimut mungkin. Bhuakakakaak.. baek baek suami ngacir maaakk....

Love You,
Muuaachhh