Monday, October 3, 2016

Review - Coty Airspun translucent extra coverage

Happy birthday to me!! Yeaahh akhirnya aku menginjak usia 33 tahun yang konon katanya di usia ini mulai terlihat tanda-tanda penuaan pada seorang perempuan. Kerutan? Yes, Kulit kering?? Yes, Sensitif? Yes..



Yaelaaahh Maaak sedih amat neng T__T tapi apapaun itu alhamdulillahnya nih kulit kadang agak-agak bandel juga kalau menyangkut kosmetik. Oiya aku mau review bedak Coty Airspun translucent extra coverage yang digadang-gadang sebagai dupenya Laura Mercier. Beberapa beauty blogger dan youtuber juga banyak yang bahas bedak ini bahkan female daily. Sedahsyat apakah bedak ini??

Katanya bedak ini DUPE dari Laura Mercier
Packaging:
Secara packaging bedak ini gede banget, isinya bisa buat pemakaian berbulan-bulan. Kemasan dari wadah plastik seperti bedak tabur pada umumnya, hanya saja tutupnya bukan ulir (diputar) tapi langsung tarik keatas mirip bedak oma-oma jaman dulu. hmm wajar aja sih, katanya bedak ini udah ada sejak tahun 1935 tapi masa sih ga mau inovasi gitu biar kekinian? Soalnya tipe tutup seperti ini ngeri tumpah kemana-mana kalau kena goncangan dahsyat saat traveling. Oiya satu lagi yang bikin aku bengong itu spon bedaknya kayak kapas, ga enak banget diaplikasikan ke wajah. Tapi temen aku malah suka sama sponnya ahahahaha.. entahlah, kayaknya aku kebanyakan maunya.. :P

Tekstur:
Bedak ini teksturnya halus banget, butirannya juga bisa menutup pori-pori dan bikin wajah kelihatan flawless. Pertamakali pakai ini aku udah suka sama teksturnya dan kedahsyatannya buat "bake" tapi masih kalah lah sama Laura Mercier dan RCMA mah.. mau dibilang dupe juga tetep jauh kualitasnya. Saat pakai untuk dibawah mata, garis-garis halus masih kelihatan jelas. Kalau pakai bedak Laura Mercier dan RCMA biasanya bisa nutup sempurna garis di sekitar mata. Wanginya banyak klien aku yang ga suka, kadang mereka protes "Mbaa.. wanginya nyengat banget" meski wanginya ga bertahan lama cuma satu menitan aja, tapi itu juga ganggu buat mereka. Aku pribadi sih ga ada masalah sama wanginya yang mirip bedak Marcks hehehe..
Aku pakai buat dandanin DUTA kantor aku
Bedak ini lumayan awet seharian, mau kena keringat atau wudhu sekalipun bedak ini mengunci foundation dan makeup lainnya untuk bisa stay lebih lama. Bahkan oil controlnya juga bagus, aku pakai bedak buat teman aku yang wajahnya berminyak, makeupnya masih awet sampai sore cuma sekitaran hidung berminyak dikit tapi ga sampai kayak kilang minyak. Untuk kulit kering masih aman, aku pakai bedak ini seharian ga ada kulit bersisik dan seolah terkelupas di sekitaran hidung dan bibir (biasanya kalau pakai bedak venus bagian ini terlihat jelas).

saat aku pakai flawless banget hasilnya
Ingredients:
Talc, calcium silicate, isopropyl palmitate, cetylacetate, zinc stearate, fragrance, stearyl acetate, imidazolindinyl urea, methylparaben, acetylated lanolin alcohol ,oleic acetate, propylparaben, [may contain: titanium dioxide, iron oxides, zinc oxide, D&C Red N0 30 Aluminuim Lake, FD&C Yellow No.5 Aluminium Lake].

Waaadduuuhhh kalau lihat Ingredientsnya kenapa horor ya untuk kulit aku?? Yuk bahas satu-satu ada apa aja didalam kandungan bedak ini. Ada 3 kandungan yang sedikit ga aman untuk kulit sensitif, yaitu:

Cetyl alcohol adalah alkohol yang terdiri dari molekul berantai panjang. Alkohol ini berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun.
Bagi sebagian orang kandungan ini baik-baik aja, tapi kalau kulit kamu tergolong sensitif dan gampang alergi kandungan ini bisa bikin penyebab salah satu jerawat nakal di wajah kamu.

Paraben adalah istilah untuk senyawa Para-hydroxy alkyl benzoates atau ester dari asam 4-hydroxy alkyl benzoat yang fungsinya adalah sebagai pengawet kosmetik & obat-obatan. Sifatnya adalah bakterisidal (pembunuh bakteri) & fungisidal (pembunuh jamur). Paraben juga digunakan sebagai food additive (zat tambahan dalam makanan).

Methylparaben maupun Propylparaben masih jadi pro dan kontra di kalangan ahli kosmetik, ada beberapa ahli mengatakan bahwa kandungan ini ga boleh sama sekali dalam kosmetik, tapi beberapa ahli mengatakan bahwa kandungan ini di perbolehkan asal dalam jumlah yang sedikit. Untuk yang kulitnya baik-baik saja kandungan ini mungkin ga akan berasa apa-apa. tapi bagi yang kulitnya sensitif kandungan ini bisa bikin alergi dan iritasi. Hikss.. iya kakak syeddiihh Dheekk.. harus pilih-pilih makeup buat diri sendiri..
Mereka punya jenis kulit yang berbeda, bedak ini masih stay sempurna
Hal ini lah yang biasanya aku tanyain sama klien aku kalau mau dandanin mereka "Sensitif ga kulitnya? ada alergi ga dll" Aku ga mau setelah di dandanin kulit mereka malah jadi merah-merah.

Result:
(+) Teksturnya halus
(+) Oil controlnya bagus
(+) Bisa mengunci makeup jadi lebih awet
(+) Isinya banyak
(+) Tampilan flawless
(+) Setting Foundation Sempurna

(-) Ga cocok untuk kulit sensistif karena ada Parfume, Cetyl alcohol,Methylparaben, Propylparaben
(-) Wanginya menyengat

Beli lagi? NO, mau cari bedak setting lainnya aja.

All opinions and thoughts on everything featured on this blog are entirely based by my own experience. People can be allergic to anything. I recommend that you patch test your skin the first time you use any of products. If any adverse reaction occurs, discontinue use immediately.